Terios Banten Raya: Komunitas Otomotif Daihatsu Terios di Banten

Sesekali membahas tentang sebuah komunitas boleh juga. Yang akan saya bahas kali ini adalah tentang sebuah komunitas otomotif pencinta dan pemilik Daihatsu Terios yang berada di Provinsi Banten.

Sebelum cerita lebih jauh, sejujurnya saya sendiri tidak terlibat langsung dengan komunitas ini. Awalnya, saya mendapat kiriman pesan WhatsApp dari seorang saudara yang meminta bantuan untuk mempromosikan tentang komunitas ini. Kebetulan saudara saya ini terlibat aktif didalamnya. Saya baca ulasan singkat yang disertakan dalam pesan tersebut, berikut beberapa foto kegiatan-nya. Hmmm….menarik juga untuk diangkat menjadi tulisan, pikir saya.

Kembali ke topik….cerita punya cerita, komunitas ini bernama “Terios Banten Raya”, dan diberi singkatan “TeBar”, sebuah singkatan yang berkonotasi global. Tapi pemberian singkatan nama sedemikian itu mungkin mereka maksudkan supaya gaung dan sepak terjang komunitas ini bisa tersebar dan terdengar dimana-mana dan bisa menyebarkan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, baik untuk anggotanya maupun masyarakat. Ini mungkin lhooo….. 🙂

Lalu, kapan komunitas ini berdiri? Dari ulasan singkat saudara saya tersebut saya mengetahui bahwa Terios Banten Raya (TeBar) dideklarasikan pada pertengahan 2016. Pendiri dan anggotanya tentu saja para pencinta dan pemilik mobil Daihatsu Terios yang tersebar di Banten. Naah…bicara mengenai anggota atau tepatnya keanggotaan, pengurus TeBar mencoba mengorganisir sedemikian rupa dengan penerapan dan memberikan nomor punggung bagi anggota nya. Pemberian nomor punggung ini tentunya bagi anggota yang sudah terdaftar resmi dan memenuhi persyaratan. O iya, hingga tulisan ini dibuat, jumlah anggota TeBar yang sudah terdaftar resmi sebanyak 75 anggota.

Dalam lingkup yang lebih besar, Komunitas Terios Banten Raya rupanya menjadi salah satu bagian (Chapter) dari Komunitas Terios Indonesia yang berpusat di Yogyakarta. Terios Indonesia sendiri saat ini telah memiliki 18 Chapter yang tersebar di seluruh Indonesia, dan saat ini Terios Indonesia sedang memproses pendeklarasian beberapa Chapter di beberapa provinsi. Jumlah member dari komunitas Terios Indonesia sendiri (sampai dengan November 2017) sudah mencapai 5800 anggota, dengan perincian 800 anggota resmi (yang sudah terdaftar) dan 5000 yang belum menjadi member resmi. Informasi lengkap dapat dikunjungi  di Facebook Terios Indonesia (https://www.facebook.com/groups/terios.indonesia.id/).

Kembali ke komunitas TeBar, meskipun tergolong masih baru, TeBar sudah memiliki misi yang jelas. Dalam setiap kegiatannya, komunitas ini mengutamakan kualitas persaudaraan sesama anggota dan mengadakan atau ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan sosial. Hal ini sesuai dengan misi mereka, yaitu menjalin persaudaraan yang layaknya se-darah dan persaudaraan tiada akhir, dan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Anggota TeBar terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, karyawan swasta, pegawai pemerintahan (PNS), pegawai BUMN, dan masyarakat umum. Meskipun terdiri dari berbagai macam profesi, komunitas ini tidak memberikan perlakuan khusus kepada para anggota-nya. Setiap anggota diberikan atau mendapatkan perlakuan sama, duduk sama rendah, berdiri sama tinggi.

Beberapa lokasi kopdar dari komunitas ini tersebar di beberapa wilayah Banten, diantaranya adalah Alam Sutera BSD, Sektor 9 Bintaro Jaya, Pasmod BSD, Pamulang, Stadion Maulana Serang, Mardigras Citra Raya Cikupa, Puspem Tangerang Kota, dan Basecam Warung Bakso TeBar Cipondoh Tangerang. Tapi tidak hanya di wilayah Banten, komunitas ini sudah ikut aktif pada beberapa kegiatan dari Terios Indonesia di luar wilayah Banten.

Adapun kegiatan yang sudah dilakukan TeBar diantaranya adalah (1) Kegiatan awal tahun, Januari 2017 (http://otomotifclub.com/kegiatan-donor-darah-komunitas-terios-indonesia/), (2) Bimbingan Organisasi, Maret 2017 (http://www.modifikasi.com/showthread.php/644190-Terios-Indonesia-Chapter-Banten-Raya-Ikuti-Bimbingan-RAPI), (3) Buka Bersama Santunan Anak Yatim, Juni 2017 (http://www.kabar-banten.com/terios-indonesia-chapter-banten-raya-santuni-anak-yatim/), (4) 1st Anniversary TeBar, Agustus 2017 (http://www.kabar-banten.com/tag/terios-indonesia/), (5) Bimbingan Organisasi RAPI, Oktober 2017 (http://tangerangsatu.co.id/tak-ingin-dianggap-pengguna-frekwensi-gelap-terios-banten-raya-ikuti-bimbingan-organisasi-rapi/), (6) Kegiatan Bakti Sosial Peduli Lingkungan (http://cbmnews.net/terios-indonesia-goes-to-brebes-dengan-menanam-mangrove/) dan (http://wartakota.tribunnews.com/2017/11/08/khawatir-bencana-abrasi-komunitas-terios-indonesia-tanam-1000-pohon-mangrove/).

Begitulah sedikit bahasan mengenai komunitas otomotif Terios Banten Raya. Semoga bermanfaat untuk menjadi pengetahuan, sehingga ketika berjumpa atau berpapasan dengan mereka di jalanan atau pun pada kegiatan-kegiatan lain, tidak heran lagi.

Photo kiriman: Amrullah Umar (Terios Banten Raya)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s